Press Release

Pengertian Press Release

    Release adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh humas suatu organisasi/perusahaan yang diampaikan kepada pengelola media masa (surat kabar,majalah, tv, radio, media online dll)untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut.  Yang membedakan press release dengan berita adalah proses release, merupakan produk Humas instansi atau perusahaan, sedangkan berita merupakan hasil karya wartawan.  Berita yang dibuat oleh humas erat kaitannya dengan kepentingan instansi atau perusahaan, misalnya menyebarluaskan perundang-undangan dan peraturan terbaru yang menyangkut kepentingan masyarakat luas, memberikan penjelasan kepada masyarakat melalui pemberitaan di media massa guna mengantisipasi merebaknya hal negatif yang menimpa instansi atau perusahaan, dlsb. Hal ini dilakukan jika sebelumnya tersiar di media massa berita atau tulisan yang cenderung menciptakan opini publik negatif terhadap instansi atau perusahaan.  Jelasnya, inti penyebarluasan press release bermuara kepada tetap terwujudnya citra positif terhadap instansi atau perusahaan.  Teknis press release pada prinsipnya sama dengan teknis penulisan berita karya wartawan. Namun yang paling perlu diperhatikan adalah unsur daya tariknya bagi kepentingan masyarakat sehingga redaksi mass media mau memuatnya. 

Menulis Press Release

1.      Penulisan press release layak muat apabila cara menulisnya seperti halnya wartawan menulis berita langsung (straight news) dengan gaya piramidaterbalik (invertedpyramid).
2.      Dimulai dengan membuat lead/ teras berita/ kepala berita sebagai paragraf pertama yang mengandung unsur 5W + 1H (What: apa yang terjadi? Where: dimana terjadinya? When: kapan peristiwa tersebut terjad? Who: siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi? How: bagaimana berlangsungnyaperistiwatersebut?).


Aturan Menulis Press Release

1.      Memilih judul yang positif (aktif) dan bukannya pasif.
2.      Paragraf pertama (lead) harus tajam dan ringkas; antara 12 sampai 20 kata merupakan ukuran yang ideal.
3.      Usahakan supaya kalimat dan paragraf pendek-pendek.
4.      Hindari kata yang berlebihan seperti “ini” dan “itu”, serta kata keterangan dan kata sifat yang tidak perlu. Anda tidak perlu mengatakan bahwa sesuatu “hebat” atau “fantastis”. Kalau itu sehebat yang anda nyatakan, maka akan jelas dengan sendirinya dari teks yang anda tulis.
5.      Hindari kata-kata panjang karena kolom surat kabar sempit.
6.      Hindariistilahkhususdanpenggunaansingkatan.
7.      Jawab enam pertanyaan siapa, mengapa, apa, bilamana, di mana dan bagaimana. Kalau anda tidak menjawab keenam pertanyaan ini maka siaran pers anda tidak berisi semua informasiyangdiperlukanwartawan.
8.      Jangan menulis awal, bagian tengah dan akhir. Masukkan semua butir yang penting pada awal siaran pers. Kalau artikelnya terlalu panjang mereka akan memotongnya dari bawah dan jika Anda meletakkan butir-butir yang paling penting pada akhir berita, maka bagian itu tidak akan termuat.
9.      Tulislah berita dan bukan pandangan (harus berdasarkan fakta).
10.  Selaluperiksa kembali ejaan nama orang.
11.   Ketiklah siaran pers hanya pada satu sisi kertas saja dengan spasi rangkap. Berikan margin   yang cukup pada semua sisi halaman.
12.   Selaluberi tanggal pada siaranpers.
13.   Selalu cantumkan nama kontak dan nomor telepon di sianghari pada bagian bawah siaran.
14.   Buatlahsiaranpers sesingkat mungkin.


CONTOH PRESS RELEASE:
“Perangkat Terbaru 4G dari ZTE Mobile Device”
Senin, 20 oktober 2015 mendatang perusahaan ZTE Mobile akan kembali menghadirkan gebrakan barunya setelah sebelumnya mengembangkan fitur-fitur yang tak kalah menarik dan menjadi pusat perhatian para pengguna, pengunjung bahkan masyarakat umum. Kini perusahaan tersebut semakin menambah keunggulan dan kecaggihan dari produk terbarunya yaitu perangkat 4G. Launching produk ZTE Blade tersebut akan diselenggarakan di Jakarta pusat yang akan dihadiri oleh wakil Gubernur Jakarta.
Memperkenalkan perangkat 4G pada masyarakat luas di Indonesia. Perangkat 4G merupakan standar generasi ke-empat dari teknologi telepon seluler. 4G adalah pengembangan dari teknologi 2G dan 3G. sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telepon pintar dan laptop menggunakan usb. Dengan begitu ZTE Mobile semakin mampu dan percaya diri untuk bersaing dengan produk Mobile lainnya.
PT. ZTE Indonesia merupakan anak perusahaan ZTE terbesar di luar Negeri dengan omset yang signifikan, berkantor pusat di Jakarta. ZTE memberikan kontribusi untuk perkembangan industry telekomunikasi Indonesia yang pesat dengan pelatihan lebih dari 5000 teknisi professional diseluruh Indonesia. ZTE juga memiliki call center untuk  menyediakan layanan hotline bagi para pengguna, serta siap menawarkan “hearty service” terbaik untuk pelanggan ZTE.
ZTE selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penggunanya. Bahkan saat event peluncuran perangkat terbaru nanti para pengunjung bisa langsung mencoba dan membuktikan kemutakhiran dari fitur terbaru tersebut secara gratis, serta akan diadakannya promo besar-besaran bagi setiap pengunjung yang hadir dengan harga yang merakyatna namun tetap mempertahankan kualitas yang prima.
Bagi para pelanggan dan pengunjung yang terhormat, untuk informasi lengkap dapat langsung menghubungi cs: 087829222232        

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar