Pengertian Press Release
Release adalah informasi dalam bentuk berita yang
dibuat oleh humas suatu organisasi/perusahaan yang diampaikan kepada pengelola
media masa (surat kabar,majalah, tv, radio, media online dll)untuk
dipublikasikan dalam media massa tersebut. Yang membedakan press release
dengan berita adalah proses release, merupakan produk Humas instansi atau
perusahaan, sedangkan berita merupakan hasil karya wartawan. Berita yang
dibuat oleh humas erat kaitannya dengan kepentingan instansi atau perusahaan,
misalnya menyebarluaskan perundang-undangan dan peraturan terbaru yang
menyangkut kepentingan masyarakat luas, memberikan penjelasan kepada masyarakat
melalui pemberitaan di media massa guna mengantisipasi merebaknya hal negatif
yang menimpa instansi atau perusahaan, dlsb. Hal ini dilakukan jika sebelumnya
tersiar di media massa berita atau tulisan yang cenderung menciptakan opini
publik negatif terhadap instansi atau perusahaan. Jelasnya, inti
penyebarluasan press release bermuara kepada tetap terwujudnya citra positif terhadap
instansi atau perusahaan. Teknis press release pada prinsipnya sama
dengan teknis penulisan berita karya wartawan. Namun yang paling perlu
diperhatikan adalah unsur daya tariknya bagi kepentingan masyarakat sehingga
redaksi mass media mau memuatnya.
Menulis
Press Release
1. Penulisan
press release layak muat apabila cara menulisnya seperti halnya wartawan
menulis berita langsung (straight news) dengan gaya piramidaterbalik
(invertedpyramid).
2. Dimulai
dengan membuat lead/ teras berita/ kepala berita sebagai paragraf pertama yang
mengandung unsur 5W + 1H (What: apa yang terjadi? Where: dimana terjadinya?
When: kapan peristiwa tersebut terjad? Who: siapa yang terlibat dalam peristiwa
tersebut? Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi? How: bagaimana
berlangsungnyaperistiwatersebut?).
Aturan Menulis Press Release
1. Memilih
judul yang positif (aktif) dan bukannya pasif.
2. Paragraf
pertama (lead) harus tajam dan ringkas; antara 12 sampai 20 kata merupakan
ukuran yang ideal.
3. Usahakan
supaya kalimat dan paragraf pendek-pendek.
4. Hindari
kata yang berlebihan seperti “ini” dan “itu”, serta kata keterangan dan kata
sifat yang tidak perlu. Anda tidak perlu mengatakan bahwa sesuatu “hebat” atau
“fantastis”. Kalau itu sehebat yang anda nyatakan, maka akan jelas dengan
sendirinya dari teks yang anda tulis.
5. Hindari
kata-kata panjang karena kolom surat kabar sempit.
6. Hindariistilahkhususdanpenggunaansingkatan.
7. Jawab
enam pertanyaan siapa, mengapa, apa, bilamana, di mana dan bagaimana. Kalau
anda tidak menjawab keenam pertanyaan ini maka siaran pers anda tidak berisi
semua informasiyangdiperlukanwartawan.
8. Jangan
menulis awal, bagian tengah dan akhir. Masukkan semua butir yang penting pada
awal siaran pers. Kalau artikelnya terlalu panjang mereka akan memotongnya dari
bawah dan jika Anda meletakkan butir-butir yang paling penting pada akhir
berita, maka bagian itu tidak akan termuat.
9. Tulislah
berita dan bukan pandangan (harus berdasarkan fakta).
10. Selaluperiksa
kembali ejaan nama orang.
11. Ketiklah siaran pers hanya pada satu sisi
kertas saja dengan spasi rangkap. Berikan margin yang cukup pada semua sisi halaman.
12. Selaluberi tanggal pada siaranpers.
13. Selalu cantumkan nama kontak dan nomor telepon
di sianghari pada bagian bawah siaran.
14. Buatlahsiaranpers sesingkat mungkin.
CONTOH
PRESS RELEASE:
“Perangkat Terbaru 4G dari ZTE Mobile Device”
Senin,
20 oktober 2015 mendatang perusahaan ZTE Mobile akan kembali menghadirkan
gebrakan barunya setelah sebelumnya mengembangkan fitur-fitur yang tak kalah
menarik dan menjadi pusat perhatian para pengguna, pengunjung bahkan masyarakat
umum. Kini perusahaan tersebut semakin menambah keunggulan dan kecaggihan dari
produk terbarunya yaitu perangkat 4G. Launching produk ZTE Blade tersebut akan
diselenggarakan di Jakarta pusat yang akan dihadiri oleh wakil Gubernur
Jakarta.
Memperkenalkan
perangkat 4G pada masyarakat luas di Indonesia. Perangkat 4G merupakan standar
generasi ke-empat dari teknologi telepon seluler. 4G adalah pengembangan dari teknologi
2G dan 3G. sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai
perlengkapan elektronik, contohnya telepon pintar dan laptop menggunakan usb. Dengan
begitu ZTE Mobile semakin mampu dan percaya diri untuk bersaing dengan produk
Mobile lainnya.
PT.
ZTE Indonesia merupakan anak perusahaan ZTE terbesar di luar Negeri dengan
omset yang signifikan, berkantor pusat di Jakarta. ZTE memberikan kontribusi
untuk perkembangan industry telekomunikasi Indonesia yang pesat dengan
pelatihan lebih dari 5000 teknisi professional diseluruh Indonesia. ZTE juga
memiliki call center untuk menyediakan
layanan hotline bagi para pengguna, serta siap menawarkan “hearty service”
terbaik untuk pelanggan ZTE.
ZTE
selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para penggunanya. Bahkan saat
event peluncuran perangkat terbaru nanti para pengunjung bisa langsung mencoba
dan membuktikan kemutakhiran dari fitur terbaru tersebut secara gratis, serta
akan diadakannya promo besar-besaran bagi setiap pengunjung yang hadir dengan
harga yang merakyatna namun tetap mempertahankan kualitas yang prima.
Bagi
para pelanggan dan pengunjung yang terhormat, untuk informasi lengkap dapat
langsung menghubungi cs: 087829222232
0 komentar:
Posting Komentar