Media
online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis
telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat
portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online,
dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang
memungkinkan user memanfaatkannya”.
Salah satu desain
media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik
jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau
portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang
memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan
berita didalamnya. Content-nya merupakan perpaduan layanan
interaktif yang terkait informasi secara langsung, misalnya tanggapan langsung,
pencarian artikel, forum diskusi, dll; dan atau yang tidak berhubungan sama
sekali dengannya, misalnya games, chat, kuis, dll
Pengertian
Media Online menurut Ashadi Siregar (dalam Kurniawan, 2005: 20): Media
online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis
telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat
portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online,
dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang
memungkinkan user memanfaatkannya.
Pengertian
Media Online
- Media online (online media)
adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website)
internet.
- Media online adalah media massa
”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran,
tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik (electronic media) –radio,
televisi, dan film/video.
- Media Online merupakan produk
jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut jugacyber journalisme–
didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan
didistribusikan melalui internet” (wikipedia).
4.
Secara
teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan
multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah
portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
5.
Isi media online terdiri: Teks,
Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)
Situs berita merupakan salah satu sub-sistem dari media
online. Penyebutan media online dikalangan beberapa ahli media cukup beragam.
Salah satu peneliti dan ahli media dari Universitas Texas, Amerika,
bernama Lorie Ackerman, menyebut media online sebagai bentuk “penerbitan
elektronik”. “The term electronic publishing is used to
convey a variety of ideas . Most broadly, it prefer to the use of computers in
the composing, editing, typesetting, printing, or publication-deliveredprocess”
Salah
satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik
jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau
portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang
memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi
online dan berita didalamnya.
Karakteristik Media Online
Lebih lanjut tentang media online berupa
portal informasi ini, Iswara (2001) menjelaskan karakteristik umum yang
dimiliki media jenis ini, yaitu:
Kecepatan (aktualitas) informasi
Kejadian atau peristiwa yang terjadi di lapangan dapat
langsung di upload ke dalam situs web media online ini,
tanpa harus menunggu hitungan menit, jam atau hari, seperti yang terjadi pada
media elektronik atau media cetak. Dengan demikian mempercepat distribusi
informasi ke pasar (pengakses), dengan jangkauan global lewat jaringan
internet, dan dalam waktu bersamaan .dan umumnya informasi yang ada tertuang
dalam bentuk data dan fakta bukan cerita.
Adanya pembaruan (updating) informasi
Informasi disampaikan secara terus menerus, karena adanya
pembaruan(updating)informasi. Penyajian yang bersifat realtime
ini menyebabkan tidak adanya waktu yang diiistemewakan (prime time) karena penyediaan informasi
berlangsung tanpa putus, hanya tergantung kapan pengguna mau mengaksesnya.
Interaktivitas
Salah satu keunggulan media online ini
yang paling membedakan dirinya dengan media lain adalah fungsi interaktif.
Model komunikasi yang digunakan media konvensional biasanya bersifat searah
(linear) dan bertolak dari kecenderungan sepihak dari atas (top-down). Sedangkan media online bersifat dua arah dan egaliter. Berbagai
features yang ada seperti chatroom, e-mail, online
polling/survey, games, merupakan contoh interactive options yang terdapat di media online. Pembaca pun dapat menyampaikan keluhan, saran,
atau tanggapan ke bagian redaksi dan bisa langsung dibalas.
Personalisasi
Pembaca atau pengguna semakin otonom dalam menentukan
informasi mana yang ia butuhkan. Media online memberikan
peluang kepada setiap pembaca hanya mengambil informasi yang relevan bagi
dirinya, dan menghapus informasi yang tidak ia butuhkan. Jadi selektivitas
informasi dan sensor berada di tangan pengguna (self control).
Kapasitas muatan dapat diperbesar
Informasi yang termuat bisa dikatakan tanpa batas karena
didukung media penyimpanan data yang ada di server komputer
dan sistem global. Informasi yang pernah disediakan akan tetap tersimpan, dan
dapat ditambah kapan saja, dan pembaca dapat mencarinya dengan mesin pencari (search engine).
Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)
Setiap data dan informasi yang disajikan dapat dihubungkan
dengan sumber lain yang juga berkaitan dengan informasi tersebut, atau
disambungkan ke bank data yang dimiliki media
tersebut atau dari sumber-sumber luar. Karakter hyperlink ini
juga membuat para pengakses bisa berhubungan dengan pengakses lainnya ketika
masuk ke sebuah situs media online dan
menggunakan fasilitas yang sama dalam media tersebut, misalnya dalam chatroom, lewat e-mail atau
games.
Kelebihan
dan kekurangan Media Online
Media
Online sekarang sangat berkembang pesat, banyak media online baru bermunculan
setiap hari. Informasi yang disajikan juga sangat update dan menarik.
Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Media Online yang sekarang sering kita
gunakan.
1.
Kelebihan Media Online
a) Sangat cepat, dari segi waktu media
online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
b) Audio Visual, media online juga
mempunyai audio visual dengan melakukan streaming
c) Praktis dan Fleksibel, media online
dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau.
2. Kekurangan Media Online
a) Tidak selalu tepat, karena
mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak
seakurat media lainnya.
b) Bisa menimbulkan hal negatif jika
tidak pintar-pintar menyikapi informasinya.
Jurnalisme Online
1. Kehadiran
media online memunculkan ”generasi baru” jurnalistik, yakni jurnalisme online (online
journalism) –disebut juga cyber journalism.
2. Per
definisi, jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan
menggunakan media internet (website). Kamus bebas Wikipedia mendefinisikan
jurnalisme online sebagai ”pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan
melalui internet” (reporting of facts
produced and distributed via the Internet).
3. Jurnalisme
online adalah ”jurnalisme judul” karena perilaku pembaca yang umumnya ”headline
reader” atau ”lead reader” –perilaku yang juga berlaku bagi pembaca koran.
Tubuh berita biasanya diformat dalam bentuk singkat dan padat. Kelengkapan
informasi tetap terjaga karena ada ”berita/tulisan terkait” (linkage).
0 komentar:
Posting Komentar